PEMBUKAAN KKN TEMATIK DESA JA’AH KECAMATAN TRAGAH



Bapak Camat tragah sedang memberi sambutan pembukaan KKN 2018
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang efektif dan edukatif dalam mengasah komperensi mahasiswa sekaligus untuk mempraktikkan ilmu yang telah mereka peroleh untuk bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. KKN merupakan salah satu wadah yang dibentuk untuk tujuan pemahaman dalam kehidupan masyarakat serta harapan bagi mahasiswa untuk dapat  menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat.

Pelaksanaan (KKN) pada tahun ini mengalami beberapa perubahan jika di banding dengan masa priode kkn sebelumnya, tema yang diusung pada tahun ini adalah KKN Tematik yang fokus pada pengoptimalan pangan dan pariwisata yang dapat ditonjolkan sebagai potensi daerah sekitar pengembangan, selain itu pembukaan  diselenggarakan dimasing-masing kecamatan yang ditunjuk dan bersedia memberikan kesempatan penggembangan desa melalui program KKN yang di canangkan oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Kecamatan Tragah merupakan salah satu kecamatan yang dipilih sebagai lokasi pengabdian mahasiswa UTM yang tergabung dalam 12 kelompok KKN yang telah dibentuk untuk menempati 12 desa dari 18 desa yang ada.
Pembukaan dilakukan di kantor kecamatan Tragah, dihadiri oleh perwakilan dari pihak Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat LPPM UTM yang merupakan pengelola dan penyedia program KKN sebagai perwakilan pihak UTM untuk mintaan izin serta menitipkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN Tematik 2018 di wilayah Kecamatan Tragah.  Hal itu ditanggapi baik oleh pihak kecamatan yang sampaikan langsung oleh Camat yang juga menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan pihak UTM yang kembali mempercayakan kecamatan tragah untuk menjadi wadah belajar serta pengembangan oleh mahasiswa. Upacara pembukaan langsung dibuka oleh Camat Tragah, selain dihadiri oleh pihak kampus yakni Perwakilan LPPM, Dosen Pembimbing, serta Mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh pihak Kapolres, serta Koramil Kecamatan setempat, yang menuturkan akan menjamin keamanan Mahasiswa yang sedang dalam menjalani masa pengabdian di desa-desa Kecamatan Tragah.
dosen pembimbing kkn 81 sedang melakukan penyerahan
            Setelah berakhir rangkaian acara pembukaan di kantor kecamatan, penyerahan dilakukan oleh dosen pembimbing kelompok KKN kepada pihak desa yang ditempati. Untuk acara penyerahan serta perizinan mahasiswa di Desa Jaah dilakukan di balai desa Jaah yang juga merupakan posko kelompok 81 KKN mahasiswa yang mendiami desa setempat. Sedangkan penerimaan mahasiswa kelompok KKN dari pihak desa diwakili oleh Carik Desa Jaah yang kebetulan merupakan adik dari kepala desa  atau klebun yang merupakan penamaan khas dalam adat Madura.



Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment