AGENDA DESA


AGENDA DESA

1.      Ngaji al Qur’an
Kegiatan ngaji al Quran dilaksanakan setiap hari  selain hari kamis jam  17:00- 19:00 WIB. Mayoritas siswanya merupakan anak yang masih  bersekolah dasar, bahkan ada yang masih dibangku taman kanak-kanak. Dan merupakan warga asli desa Ja’ah. Tempat ngaji di tempat Ustad Zain ini merupakan salah satu tempat mengaji yang ada di desa Ja’ah. Tidak terdapat perbedaan kelas untuk siswa-siswanya. Karena metode belajarnya berada pada satu ruangan.  Mengaji merupakan kegiatan rutin harian anak-anak Desa Ja’ah setiap mau adzan magrib sampai setelah sholat Isya’. Anak-anak yang belajar mengaji diwajibkan untuk mengikuti sholat berjamaah disana, baik jamaah sholat magrib maupun sholat isya’. Disana mereka belajar mengaji Al Qur’an, Kitab, tata cara sholat, wudhu, sholawat dan sebagainya. Di tempat ngaji ini hanya terdapat satu Ustadz yang setiap harinya meluangkan waktu untuk mmemngajar adek-adek mengaji dengan sabar dan telaten. Akan tetapi pada saat kami berada di sana. Beliau memberikan kesempatan  dan wewenang kepada kami untuk  belajar bersama adek-adek yang berada di tempat ngaji tersebut. Untuk sementara waktu kami belajar bersama dan saling bertukar ilmu dengan adek-adek yang berada di tempat ngaji . Antusias anak-anak, semangat belajar, dan canda tawanya memberi energi positif tersendiri bagi kami. Meskipun sedikit ramai dan maklum, anak-anak, mereka sering kali mencari perhatian dengan berbagai cara, misalnya ramai. Namun kami memaklumi sewajarnya anak-anak yang masih perlu dibimbing dan ditegur apabila salah. Pelajaran-pelajaran mengenai tata cara sholat juga diberikan di Ngaji tempat ini. Mereka juga diajarkan bagaimana bersikap, serta diajarkan agar tidak melawan orang yang lebih tua. Sepertinya hal nya kita yang masih harus terus belajar, anak-anak juga perlu dibimbing agar menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik setiap hari nya.
2.      Yasinan rutin tiap malam jum’at
Setiap hari kamis malam sekitar pukul 18:00 wib , para ibu-ibu  beserta  warga lainnya mengikuti acara yasinan.  Acara ini bergilir tempatnya sesuai kesepakatan.  Kegiatan yasinan malam jum’at ini merupakan kegiatan rutinan khususnya bagi ibu-ibu desa Ja’ah. Mengenakan busana muslimah serta membawa buku yasin ibu-ibu berbondong-bondong mendatangi rumah yang kebetulan diamanati sebagai tempat yasinan. Kami peserta kkn 81 UTM pun ikut berpartisipasi mendukung kegiatan tersebut dengan ikut membaur dalam kegiatan ini serta memberikan sumbangan sholawat yang kebetulan giliran kegiatan dilaksanakan di Dekat posko KKN 81 UTM. Sehingga kami ikut serta dalam kegiatan tersebut. Warga sekitar sangat terbuka dengan kehadiran kami dan merasa senang kami ikut didalamnya
3.      Dibaan malam jumat
Dibaan malam jumat diikuti oleh remaja desa Ja’ah khususnya laki-laki dan para sesepuh desa yakni dengan pembacaan manakib diba’ yang dimulai pukul 19:00 sampai selesai. Kami dari tim KKN 81 khususnya putra mengikuti kegiatan ini.
4.      Posyandu
Posyandu merupakan agenda rutin bulanan Desa Ja’ah, bertempat di poskesdes Desa Ja’ah. Selama kegiatan posyandu berlangsung, ada beberapa kegiatan. Meliputi: memberi vitamin kepada anak, konsultasi kesehatan anak, meliputi susu yang baik untuk dikonsumsi anak, alergi yang biasa diidap oleh bayi dan sebagainya,. Timbangan bayi pun dilakukan untuk mengukur gizi bayi, ibu-ibu berbondong-biondong an tidak melewatkan kesempatan ini, disini kami diberikan amanat untuk berpartisipasi dalam pemeriksaan bayi.
5.      Sholawatan malam minggu.
Kegiatan rutin malam minggu adalah sholawatan yang diikuti oleh anak-anak, remaja sampai sesepuh desa Ja’ah khusunya bagi para remaja putra desa Ja’ah. Kegiatan ini dilakukan setelah sholat isya’ yang bertempat di masjid desa Ja’ah. Dengan membaca sholawat diba’ disertai dengan hadrahan. Difoto ini terlihat antusian KKN 81 dalam mengikuti kegiatan sholawat diba’ ini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment