Tuesday, 16 July 2019



DIBA'AN 


Sebagai sebuah desa dengan nuansa religi yang sangat kental, desa Jaah yang merupakan bagian dari Kec. Tragah, Kab. Bangkalan mengajak kami untuk turut serta mengikuti kegiatan rutin setiap malam Jumat di masjid Al-Hikmah. Masyarakat di desa Jaah memiliki rutinan berupa diba'an yang dikemas dengan membaca sholawat bersama setiap malam Jumat setelah sholat 'Isya berjemaah.
Sebagai sebuah kearifan lokal, kegiatan tersebut sangat membuat kami merasa nyaman. Masyarakat sekitar sangat antusias mengikuti acara rutinan tersebut. Kegiatan diba'an tersebut berlangsung sampai jam 21.45 WIB. Untuk kemudian dilanjutkan dengan acara makan bersama di masjid.
Alunan sholawat pada acara diba'an membangkitkan rasa percaya diri. Kami sebagai pendatang pun yang mengabdi pada masyarakat juga berhasil mencoba menyesuaikan gema dan nada dengan lagu sholawat yang didengungkan oleh para masyarakat. Meskipun sedikit sulit dengan lagu sholawat yang mereka dengungkan, kami tetap mencoba untuk menyesuaikan.
Kegiatan rutinan tersebut terbilang sebagai kegiatan kami pada malam hari kedua di desa Jaah yang merupakan tempat kami melaksanakan KKN sebagai pengabdian terhadap masyarakat sekitar. Kami berharap kegiatan KKN yang juga merupakan kewajiban akademik yang kami lakukan di desa Jaah penuh berkah serta menjadi langkah bagi kami sebagai agen perubahan dalam mewujudkan masyarakat adil makmir yang diridhoi oleh Allah SWT.
Kegiatan Diba'an As-Hari Banjari ini juga membutuhkan latihan yang biasa di lakukan pada malam minggu di Musholla Al-Hasan biasa dilaksanakan ba'da isya hingga pukul 21.00 WIB. 

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact

Name

Email *

Message *

Popular Posts

Blog Archive

Temukan kami