Monday, 15 July 2019


POTENSI DESA


         Desa Ja’ah memiliki banyak potensi unggul, pesarean atau Buju’ keramat adalah salah satu potensi wisata religius yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Namun adanya Buju’ keramat ini belum banyak diketahui masyarakat luar. Hal ini dikarenakan Buju’ keramat belum dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, masyarakat memiliki berbagai usaha dibidang perekonomian, yakni dengan berjualan. 
            Terdapat usaha lain yang mendukung perekonomian di Desa Ja’ah yakni sebagai tukang kayu, tukang anyaman. Akan tetapi potensi yang dominan di Desa Ja’ah yakni bertani, dari hasil wawancara dengan Kepala Desa Ja’ah mengatakan bahwa potensi yang dominan di Ja’ah yakni bertani, karena di sekeliling desa terdapat hamparan sawah yang begitu luas. Bahkan dari luas tanah sekitar 114,13 Ha digunakan untuk sector pertanian.  
        Hasil komoditas pertanian berupa padi, jagung, ubi kayu, selada, ubi jalar, kacang kedelai, bahkan kacang tanah. Hasil bertani sampai di ekspor ke beberapa daerah. Selain sector pertanian, sector peternakan juga dijadikan sebagai kepentingan komersil masyarakat desa Ja’ah. Adapun hewan ternak yang diternakkan oleh warga antara lain sapi, kambing, ayam, bebek.

                                                  POTENSI SDA dan SDM
       Desa Ja’ah memiliki sumber daya alam yang sangat baik penggunaan lahannya terbilang seimbang antara digunakan sebagai pemukiman., sebagai lahan pertanian, dan juga digunakan untuk hal lain. Desa ini juga memiliki beberapa wilayah yang sangat baik digunakan untuk pertanian terutama untuk persawahan karena didukung dengan system pengairan dan irigasi yang cenderung baik. Dan ketersediaan air yang sangat melimpah. Dengan beberapa lokasi mata air dan sungai yang membantu system pengairan. Namun saat musim kemarau seringkali mengalami kesulitan air untuk irigasi sawah. Dengan hal itu maka masyarakat memanfaatkan sawah tadah hujan.
         Banyak wilayah yang memiliki potensi yang bisa dijadikan warga sebagais sarana bagi desa untuk dimanfaatkan sebagai lading, lahan peternakan serta lahan untuk agrowisata. Berikut ini adalah pemaparan luasan wilayah yang ada, yaitu:
a.       Luas lahan penggunaan
Jenis lahan
Luas lahan
Pemukiman
17 ha
Persawahan
102,93 ha
Perkebunan
11,74 ha
Kuburan
0,5 ha
Pekarangan
22,69 ha
Prasarana lainnya
1,35 ha
Total
156,21 ha

Dengan rincian persawahan;
Tanah sawah
Luas lahan
Sawah irigasi teknis
-
Sawah irigasi ½ teknis
-
Sawah tadah hujan
102,93 ha
Sawah pasang surut
-
Total
102,93 ha
b.                                                                          
                                                    PEREKONOMIAN
      Desa Ja’ah merupakan desa yang terbilang belom begitu maju namun dari 2018 ke 2019 mengalami peningkatan 10%, karena masyarakatnya belom memiliki andil cukup besar dalam memberikan kontribusi bagi perkembangan desa Ja’ah. Masyarakat di desa ini belom banyak yang memiliki usaha kecil menengah seperti warung dan usaha perekonomian lainnya sebagai mata pencahariannya.
           Mata pencaharian masyarakat desa Ja’ah antara lain yaitu sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), buruh pabrik, petani, peternak dan pedagang. Dari berbagai mata pencaharian yang ada dapat membantu jalannya perekonomian desa Ja’ah.
          Selain usaha-usaha diatas ada juga kelompok yang di bentuk oleh masyarakat untuk membantu perekonomian juga yaitu, gabungan kelompok tani atau gapoktan. Kelompok tani ini diberi nama Gapoktan Harapan Jaya. Kelompok tani tersebut sangat berfungsi dengan baik dalam mengembangkan dan memberi pengarahan terhadap petani-petani yang ada di desa Ja’ah. Sehingga kegiatan perekonomian berjalan dengan baik dan memajukan warga desa.

Potensi Pertanian dan juga potensi peternakan desa Ja’ah pada tahun 2019
No
Komoditas
Satuan
Jumlah
1
Tanaman pangan
Ton/ Ha
Kacang tanah
70,72
Padi 
530
Jagung
279,5
2
Peternakan
Ekor
Sapi
60
Kuda
2
Kambing
40
Ayam kampung 
255
Ayam pedaging
500
Bebek

750
                                                
                                        POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA
       Jumlah penduduk desa Ja’ah berdasarkan profil desa Tahun 2016 sebanyak 1971 jiwa yang terdiri dari 1033 jiwa laki-laki dan juga 938 jiwa perempuan. Sumber penghasilan yang paling utama di desa Ja’ah adalah pertanian, dan perdagangan.

No
Sumber daya manusia
Satuan
Jumlah
1.
Pendudukdan keluarga
a.       Laki-laki
Orang
1033
b.      Perempuan
Orang
938
c.       Keluarga
Keluarga
476
2.
Pekerjaan

a.       a. Pegawai Negri


TNI
Orang
1
Guru
Orang
3
 b. ASN


Guru
Orang
3

Bidan
Orang
1

b.      Jasa perdagangan


Warung
Orang
4
Toko
Orang
3
c.       Jasa keterampilan


Tukang batu
Orang
4
Tukang servis elektro
Orang
3
Tukang pijat
Orang
4
d.      Petani


Petani
Orang
155
Buruh tani
Orang
68


Galery :





0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact

Name

Email *

Message *

Popular Posts

Blog Archive

Temukan kami