Tuesday, 16 July 2019



PRODUK UNGGULAN DESA JA'AH 
KARYA MAHASISWA KKN 32 
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 

     Kuliah Kerja Nyata kelompok 32 Universitas Trunojoyo Madura yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2019 hingga 26 Juli 2019 memiliki program kerja yaitu produk unggulan yang bertujuan untuk memberikan sedikit ilmu untuk warga Desa Ja'ah disisi lain agar dapat bermanfaat dan dapat dijadikan menaikkan perekonomian di Desa Ja'ah .
Berikut program kerja yang diterapkan selama Kuliah Kerja Nyata di Desa Ja'ah selama 26 hari :
1. Pembuatan Biochar Dari Sekam Padi
2. Pembuatan Kripik dari Pepaya Mentah 
3. Pembuatan Kripik dari Rebung

Artikel ini menjelaskan :
1. Dokumentasi Hasil Pembuatan Produk Unggulan
2. Penjelasan Cara Pembuatan Produk Unggulan menggunakan Foto
3. Video Cara Pembuatan Produk Unggulan

HASIL PEMBUATAN PROGRAM KERJA 

1. 

2. 


3. 



     Dari ketiga program kerja diatas akan dijelaskan cara pembuatannya dibawah ini :

CARA PEMBUATAN BIOCHAR DARI SEKAM PADI


1. Langkah pertama adalah menyiapkan kawat yang digunakan dibentuk seperti tabung dengan diameter 20 cm dan tinggi 50 cm dengan bahan besi dengan lubang berukuran ½ mm.


2. Langkah  kedua kawat yang sudah dibntuk sepeti tabung kemudian diisi kayu ysng digunakan sebagai pembakar sekam padi.


3. Langkah ketiga yaitu setelah kayu yang sudah dimasukkan ke dalam kawat kemudian dinyalakan sampai apinya hidup kemudian sekam padi ditaburkaan dipinggi pinggirnya.


4. Langkah keempat taburkan sekam padi sampai setinggi kawat tersebut dan kemudian tunggu sampai sekam padi berubah warna menjadi hitam dan memerlukan waktu 2-3 jam.



5. Hasil akhir dari pembakaran , sekam padi yang awalnya berwarna coklat akan berubah menjadi hitam namun kondisi tetap keadaan utuh seperti sekam yang sebelum dibakar hanya saja terjadi perubahan warna dari coklat berubah menjadi hitam, tidak berubah menjadi abu .


Manfaat Biochar 
     Biochar dapat ditambahkan ke tanah dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi tanah dan mengurangi emisi dari biomasa yang secara alami terurai menjadi gas rumah kaca.
     Biochar berguna sebagai alat yang penting untuk meningkatkan keamanan pangan dan keragaman tanaman di wilayah dengan tanah yang miskin hara, kekurangan bahan organik, kekurangan air dan ketersediaan pupuk kimia. Biochar juga meningkatkan kualitas dan kuantitas air dengan meningkatnya penyimpanan tanah bagi unsur hara dan agrokimia yang digunakan oleh tumbuhan dan tanaman. (IBI, 2012). Selain itu penambahan biochar ke tanah meningkatkan ketersediaan kation utama dan posfor, total N dan kapasitas tukar kation tanah (KTK) yang pada akhimya meningkatkan hasil karena dapat mengurangi risiko pencucian hara khususnya kalium dan N-NH4.
------------------------------------------------------------------------------------------------------

CARA PEMBUATAN KRIPIK DARI PEPAYA MUDA


1. Pepaya yang digunakan sebagai kripik adalah pepaya muda. Pepaya muda yang akan digunakan sebagai kripik adalah pepaya yang baru diambil dari pohon kemudian pepaya tersebut dikupas sampai bersih lalu dibelah dan dibuang isinya. Pepaya yang digunakan harus segar tidak boleh layu agar tidak susah dalam dipasrah (diparut).


2. Pepaya yang sudah dikupas kemudian dibelah menjadi beberapa bagian. Pepaya yang berukuran besar dapat dibelah menjadi 8 bagian, dan pada pepaya yang kecil dapat dibelah menjadi 4 bagian. Tujuan dari pemotongan adalah agar memudahkan pada saat melakukan pemasrahan atau pemarutan. Setelah beberapa bagian dibelah kemudian dibersihkan bijinya sampe bersih kemudian dicuci sampai bersih.



3. Pepaya yang sudah dibelah beberapa bagian dibelah kemudian dibersihkan bijinya sampe bersih kemudian dicuci sampai bersih.



4. Pepaya yang sudah dicuci sampai bersih kemudian dipasrah dan diparut. Pemasrahan atau pemarutan jangan terlalu panjang melainkan dipotong sedang saja agar pada saat digoreng bisa lurus dan tidak bengkok.



5. Pepaya yang sudah selesai pemarutan atau pemasrahan dimasukkan kedalam alat peras. Kegunaan alat peras ini adalah untuk menghilangkan sedikit air yang terkandung didalam pepaya.



6. Tepung yang digunakan dalam pembuatan kripik adalah tepung sriboga atau tepung krispi lainnya. 



7. Minyak yang digunakan untuk menggoreng kripik pepaya adalah minyak yang sudah dipanasi terlebih dahulu. Agar pada saat menggoreng hasil kripik yang dihasilkan bagus dan bisa renyah. Apabila minyak yang digunakan tidak panas maka kripik pepaya tersebut akan hancur.



8. Sambil menunggu minyak panas pepaya muda yang sudah di parut atau di pasrah dan di masukkan kedalam alat untuk mengurangi air dalam pepaya. Setelah dimasukkan kedalam alat lalu diambil dan ditaruh wadah dan kemudian dikasih tepung. Tepung untuk melumuri pepaya harus banyak agar kripik pepaya yang digoreng bisa krispy dan tebal. Pada saat pemberian tepung sebaiknya menunggu pepaya yang sudah dimasukkan kedalam penggorengan sedikit masak agar kripik pepaya tidak terlalu lama didalam tepung dan menggumpal. Tepung yang digunakan harus banyak agar hasilnya bagus dan krispy.


9. Setelah selesai dimasak dan siap untuk dikemas

 ------------------------------------------------------------------------------------

CARA PEMBUATAN KRIPIK REBUNG 



1. Siapkan rebung yang akan digunakan untuk kripik rebung. Rebung yang digunakan  adalah rebung yang masih muda, karena untuk memudahkan dalam mengirisnya. 



2. Rebung diambil dan kemudian dikupas sampai bersih kulit sehabis dikupas rebung diiris tipis sesuai dengan selera (bentuknya).



3. Setelah diiris tipis rebung dicuci sampai bersih dengan air biasa.



4. Setelah bersih rebung di rendam dengan menggunakan kapur untuk menghilangkan rasa pahit yang dikandungnya.

5. Perendaman rebung dengan menggunakan kapur ditambah garam, royco atau bumbu lainnya lalu dimasukkan air kapur untuk merendam rebung sampai semalaman.





6.  Setelah selesai semalaman rebung dimasukkan kedalam tepung kering, tepung yang digunakan adalah tepung Crispy dengan merk dagang TEPUNG KRIUK.



7. Setelah dimasukkan kedalam tepung masukkan kedalam wajan yang sudah panas dengan api ssedang agar tidak gosong.



8. Setelah warna berubah kecoklatan angkat dan tiriskan, biarkan dingin kemudian kemas agar tetap renyah.



Berikut Video Pembuatan Produk Unggulan

1. Pembuatan Biochar 



2. Pembuatan Kripik Pepaya Muda


3. Pembuatan Kripik Rebung




0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Contact

Name

Email *

Message *

Popular Posts

Blog Archive

Temukan kami